Sabtu, 27 Agustus 2011

Lombok Paradise

Visit Lombok Year 2012/2013
Bandara Internasional Lombok (BIL) merupakan faktor utama sarana penunjang suksesnya agenda Visit Lombok Year 2012/2013 atau Tahun Kunjungan Wisata ke Pulau Lombok 2012/2013. Lombok Paradise adalah sebutan yang pantas juga diberikan untuk Pulau Lombok yang berada di sebelah timur Pulau Bali, karena Pulau Lombok juga memiliki keindahan wisata alam, kesenian budaya, dan kerajinan tangan yang tidak kalah menariknya dengan keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Bali. Pulau Lombok memiliki beberapa obyek wisata alam yang bisa anda temui di beberapa Kabupaten yang ada di Pulau Lombok ini. Dalam usahanya untuk mensukseskan program Visit Lombok Year 2012/2013 atau Tahun Kunjungan Wisata Ke Pulau Lombok 2012/2013. Kabupaten Lombok Tengah memiliki beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi diantaranya :

Pantai Kuta Lombok, Kuta Beach Lombok, Pantai Tanjung Aan Lombok, Tanjung Aan Beach, Pantai Seger Lombok, Seger Beach, Pantai Selong Belanak Lombok, Selong Belanak Beach, Pantai Mawi Lombok, Mawi Beach, Pantai Mawun Lombok, Mawun Beach, Dusun Sade Lombok, Sade Village, Air Terjun Benang Stokel, Air Terjun Benang Kelambu, Aik Bukak. Beberapa keindahan alam lainnya yang ada di Lombok Paradise atau Pulau Lombok ini akan membuat anda kagum dan terpesona melihatnya. Pantai Kuta Lombok, Kuta Beach Lombok adalah merupakan salah satu dari beberapa keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Kuta Lombok ini yang tepatnya berada di bagian selatan Pulau Lombok yaitu di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Keindahan panorama alam Pantai Kuta Lombok ini juga tidak kalah menariknya dengan Pantai Kuta yang letaknya di Pulau Bali. Pantai Kuta Lombok ini dikelilingi oleh sederetan perbukitan yang membuat keindahan panorama alam Pantai Kuta Lombok ini semakin mempesona dan pengunjungnya akan merasa semakin betah tinggal berlama-lama untuk menikmati alam Pantai ini. Pantai Kuta Lombok memiliki hamparan pasir yang berwarna putih dan ombak yang sangat menggoda bagi para pecinta surfing untuk bisa menikmatinya. Di sebelah Timur Pantai Kuta Lombok ini berdampingan dengan Pantai Tanjung Aan Lombok dan Pantai Seger Lombok, yang juga tidak kalah indahnya. Ketiga Pantai ini menyambung menjadi satu hamparan pantai berpasir putih yang langsung menghadap ke Samudera Indonesia.

Pantai Tanjung Aan Lombok, Tanjung Aan Beach. Pantai ini benar-benar memiliki keindahan panorama alam dengan air lautnya yang masih sangat bersih dan dengan hamparan butiran-butiran lembut kilauan pasir putih yang membentang sepanjang pesisir pantai, serta barisan pohon-pohon kelapa yang menjulang dan sederetan bukit-bukit hijau yang mengelilingi indahnya Pantai Tanjung Aan Lombok. Semua ini akan membuat pengunjungnya semakin kagum dan terpesona melihatnya dan akan memanjakan para pengunjungnya untuk semakin betah tinggal berlama-lama juga pantai ini. Dari Pantai Kuta Lombok menuju Pantai Tanjung Aan Lombok ini bisa anda tempuh dengan berkendaraan sekitar 15 menit perjalanan atau sekitar 45 menit dengan berjalan kaki jika anda ingin berjalan sambil menikmati keindahan alam pantai disini di sepanjang perjalanan. Anda akan merasakan jika suasana alam Pantai Tanjung Aan Lombok ini sangat tenang dan sunyi dibandingkan dengan suasana alam di Pantai Kuta Lombok, karena di sekitar Pantai Tanjung Aan Lombok ini hampir tidak ada bangunan yang bisa anda temui disini kecuali hanya bangunan-bangunan kecil yang berupa balai-balai yang sengaja dibuat oleh masyarakat untuk tempat beristirahatnya para wisatawan yang datang berkunjung. Ciri khas dari Pantai Tanjung Aan Lombok ini adalah butiran pasir putihnya tidak melekat di kulit. Mandi dan berenang adalah aktifitas yang sering dilakukan oleh para wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati keindahan alam pantai ini.

Pantai Seger Lombok, Seger Beach. Pantai ini juga memiliki daya tarik keindahan panorama alam yang tidak kalah eksotisnya dengan dua pantai lainnya yang berada di sekitarnya yaitu Pantai Kuta Lombok dan Pantai Tanjung Aan Lombok. Pantai Seger Lombok juga memiliki keindahan alam yang dihiasi oleh hamparan pasir putih berkilau yang terbentang luas dan dikelilingi oleh barisan pohon-pohon kelapa serta sederet perbukitan. Anda akan lebih kagum dan terpesona melihat keindahan panorama alam Pantai Seger Lombok ini, jika anda bisa melihatnya dari atas perbukitan yang ada disekeliling pantai. Selain keindahan alamnya Pantai Seger Lombok ini juga memiliki ciri khas tersendiri dari kedua pantai tadi. Dalam setahun sekali antara Bulan Februari dan Bulan Maret, atau setiap tanggal 20 pada Bulan kesepuluh menurut penanggalan Suku adat Sasak di Pantai Seger ini diselenggarakan Upacara Adat Sasak yang sering disebut dengan Pesta Adat Bau Nyale. Bau Nyale dari Bahasa Sasak yang artinya Menangkap Nyale (Bau artinya Menangkap : Nyale adalah binatang laut sejenis cacing). Konon ceritanya menurut suku Sasak, suku asli Pulau Lombok dipercaya bahwa Nyale ini merupakan jelmaan dari seorang Putri Raja yang cantik jelita bernama Putri Mandalika yang melakukan bunuh diri dengan menceburkan dirinya ke laut. Acara ini biasanya mulai dilaksanakan pada tengah malam dan acara ini juga sudah menjadi agenda dari Pemerintah Daerah setempat Sub Dinas Pemasaran Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah setiap tahunnya. Acara Bau Nyale atau Menangkap Nyale ini sendiri sebenarnya dilakukan pada pagi hari sebelum fajar, dan dalam Acara Bau Nyale ini juga sering ditambahkan dengan acara Pementasan Drama kolosal Putri Mandalika pada malam harinya, dan Acara ini juga sering dihadiri oleh para Pejabat Lokal hingga para Pejabat dari Provinsi Nusa Tenggara barat, dan bahkan tidak sedikit juga tamu yang datang dari Jakarta, dan juga dibanjiri oleh ribuan para pengunjung atau wisatawan lokal yang datang dari segala pelosok maupun wisatawan asing yang sengaja datang ke Pantai Seger Lombok ini untuk bisa menikmati keindahan alam dan menyaksikan acara Bau Nyale tersebut serta sekaligus ikut turun ke laut menangkap Nyale beramai-beramai.

Liburan Anda ke Lombok ini akan kurang lengkap jika anda belum mengunjung ketiga Pantai ini..!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar